Manasik Haji merupakan tata cara atau tuntunan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka’bah. Dengan kata lain, Manasik Haji adalah sebuah pelatihan tentang pelaksanaan Ibadah Haji secara menyeluruh, kita bisa mempelajari bagaimana melakukan niat sebelum melaksanakan haji, apa saja aturan pelaksanaan haji, apa saja yang tidak boleh dilanggar selama melakukan haji.

Kegiatan Manasik Haji bukanlah kegiatan yang membebani pikiran. Manasik Haji merupakan kegiatan menyenangkan dimana calon jamaah mendapatkan ilmu sekaligus teman. Dalam melaksanakan kegiatan Manasik Haji tentunya tidak dianjurkan terlalu banyak bercanda dan harus memperhatikan setiap petunjuk yang diberikan agar dapat memahami dengan benar bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar.

saat ini kegiatan Manasik Haji juga sudah banyak diterapkan pada yayasan pendidikan atau sekolah-sekolah agama melalui Program Pendidikan Manasik Haji guna memberikan pemahaman kepada anak-anak usia dini tentang tata cara melakukan Ibadah Haji, sehingga anak-anak usia dini mengetahui rukun islam yang di ajarkan , selain itu dengan adanya pendidikan manasik haji ini, bisa menanamkan ketaqwaan dan keimanan kepada anak-anak usia dini. Pendidikan Manasik Haji ini juga dinilai sangat bermanfaat bukan hanya untuk peserta didik saja, tetapi juga untuk guru dan orang tua, dalam memahami tata cara manasik haji.